Potensi Export Batik Indonesia - Export Batik Ke Luar Negeri



Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat Indonesia akan kekayaan budayanya, termasuk batik.

Simak sejarah Hari Batik Nasional berikut ini.

Batik sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya. Tak cuma di Tanah Air, batik asal Indonesia juga telah dikenal hampir di seluruh dunia sebagai warisan yang berharga.

Sejarah momen ini tak lepas dari penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2009 lalu. Penetapan dilakukan dalam sidang ke-2 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2 Oktober 2009.

Batik sendiri dianggap sebagai perekat bangsa dan simbol persatuan. Batik seolah menghapus strata sosial masyarakat karena nilai kebersamaan yang digaungkannya.

Hari Batik Nasional menjadi cara paling tepat untuk menjaga identitas bangsa.

Batik sendiri merupakan teknik menghias atau melukis kain yang dilakukan secara tradisional. Anda dapat mengenakan kain batik kapan pun dan di mana pun.

Di zaman kiwari, batik tak cuma jadi kain yang digunakan untuk agenda-agenda resmi dan formal. Anda bisa mengenakannya untuk keseharian.

Sejumlah komunitas dan pegiat pun telah beramai-ramai mengkampanyekan penggunaan batik untuk aktivitas harian.

Selamat Hari Batik Nasional!


Disisi lain batik memiliki nilai jual yang sangat tinggi dipasar global Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, nilai ekspor batik Indonesia mencapai angka US$ 25,31 juta atau sekitar Rp 392,74 miliar dengan volume mencapai 987,71 ribu kilogram.

Nilai ekspor ini naik 4,84% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan tahun 2018 nilai ekspor mengalami penurunan mencapai 42,7%. Negara mana saja pangsa pasar batik Indonesia?

Berdasarkan data di atas sejak tahun 2018-2023 Amerika Serikat (AS) selalu setia menempati posisi teratas yang membeli batik Indonesia. Nilainya mencapai US$ 18,79 juta pada tahun 2022. Angkanya naik 2,88% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara, Volume ekspor batik Indonesia ke AS mencapai 638,5 ribu kilogram pada tahun 2022. Namun angka ini tercatat turun 15,73% dibandingkan tahun sebelumnya.

Data terbaru tahun 2023, untuk periode Januari-Agustus nilai ekspor batik ke AS mencapai US$ 10,03 juta dengan volume mencapai 347,32 ribu kilogram

Posisi kedua ditempati Malaysia dengan nilai ekspor tahun 2022 mencapai US$ 673,24 ribu dengan volume ekspor 36,12 ribu kilogram. Namun tahun 2023 ini tampaknya posisi Malaysia tergeser oleh Jerman dengan nilai mencapai US$ 507,21 ribu dengan volume mencapai 12,85 ribu kilogram. 

Posisi selanjutnya tahun 2023 ditempati oleh Singapura dan Tiongkok dengan nilai ekspor masing-masing mencapai US$ 284,85 ribu dan US$ 260,6 ribu


Begitu banyak peminat dan potensi untuk export batik ke seluruh negara, Kita bisa memanfaatkan pengiriman melalui DND Kirim yang dimana proses export melalui DND Kirim ini sangatlah mudah dan tidak ada batasan siapapun bisa Export.

DND Kirim sendiri pernah beberapa kali mengirimkan produk batik asli indonesia sejak tahun 2020 ke seluruh negara dengan jumlah terkecil hingga terbesar.

Keutamaan kamu kirim produk ke DND Kirim sebagai berikut :

1. Kamu tidak perlu izin khusus dari pihak pabean karena DND Kirim lah yang akan mengurusnya
2. Kamu bisa mulai kirim dengan berat paket 50gram - terbanyak
3. Kamu hanya perlu data penerima yang valid
4. Kamu tidak perlu repot untuk mengisi segala macam dokumen yang biasanya diminta jika kamu kirim ke luar negeri tanpa melalui DND Kirim
5. Keamanan dan sampainya paket terjamin
6. Harga yang sangat murah dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya di indonesia

Tunggu apalagi? Muailah menjadi pengeksport saat dimana orang lain memilik barang Import, Karena proses Export melalui DND Kirim itu sangatlah mudah dibandingkan dengan proses Export, UMKM sekalipun bisa Export apa saja melalui DND Kirim

Yuk mulai Export demi indonesia.

Jadilah supplier bukan penerima barang impot, Yuk ikuti kami untuk informasi mengenai Export lebih lanjut.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama